LKS SMK : Konstruksi Dan Cara Kerja Sistem Kemudi
Rangkuman Materi
1) Fungsi.
Fungsi sistem
kemudi adalah untuk mengatur arah kendaraan dengan cara membelokkan roda depan.
2) Cara kerja.
Bila steering
wheel (roda kemudi) diputar, steering coulomn (batang kemudi) akan meneruskan tenaga putarnya ke steering
gear (roda gigi kemudi).
Steering
gear memperbesar tenaga putar ini sehingga
dihasilkan momen puntir yang lebih besar untuk diteruskan ke steering lingkage.
Steering lingkage akan meneruskan gerakan steering gear ke roda-roda depan.
Jenis sistem kemudi pada kendaraan menengah sampai besar yang banyak digunakan
adalah model recirculating ball dan pada kendaraan ringan yang banyak digunakan
adalah model rack dan pinion. Agar sistem kemudi sesuai dengan fungsinya maka
harus memenuhi persyaratan seperti berikut :
> Kelincahannya baik.
> Usaha pengemudian yang baik.
> Recovery ( pengembalian ) yang
halus.
> Pemindahan kejutan
dari permukaan jalan harus seminimal mungkin.
Tujuan:
1.
Mengetahui fungsi dari
sistem kemudi.
2.
Mengetahui Cara kerja dari
sistem kemudi.
3.
Mengetahui konstruksi dari
sistem kemudi.
Alat
dan Bahan:
1.
Lembar kerja.
2.
1 set tool box.
3.
Unit trainer sistem kemudi.
4.
Kelengkapan keselamatan kerja (kacamata kerja dan sarung tangan).
Perencanaan Praktikum:
Kamu diminta untuk melakukan mengisi dan menjawab nama-nama komponen dari sistem kemudi.
1. Tuliskan nama-nama komponen dari gambar sistem
kemudi dibawah ini
a.
Sistim
kemudi model Recirculating bal
|
b.
Sistim
kemudi model Rack dan pinion
|
||
|
Daftar Pustaka
Astra
International Training Center, Basic Mechanic Training 3, Astra Internasional.
Toyota
Service Training, 1996, New Step 1, Jakarta, PT.Toyota Astra Motor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar